pengolahan-lahan

 

Pengolahan lahan.

Sebelum lahan bisa ditanami untuk budidaya pepaya perlu disiapkan terlebih dahulu.Persiapan terkait pengolahan lahan ini antara lain: membersihkan lahan dari rumput, gulma dan tanaman pengganggu, pengemburan tanah, penyesuaian ph tanah, pemberian pupuk kandang dan pembukaan tanah bawah supaya terkena sinar matahari.

Disamping itu pembuatan lubang tanam juga perlu di perhatikan.Lahan untuk budidaya tanaman pepaya dapat berupa : tanah pekarangan, tanah sawah dan tanah tegalan.

Rincian persiapan lahan untuk budidaya pepaya california adalah sebagai berikut

Lahan yang akan di tanam pepaya sebaiknya di bersihkan dahulu dari gulma / pepohonan yang mengganggu pertumbuhan tanaman pepaya. Persiapan lahan menanam pepaya dapat dilakukan dengan penyangkulan tanah atau lahan pepaya di bajak/ traktor untuk penggemburan tanah.

Selanjutnya buat lobang ukuran sekitar L 50m P 100 (tujuan untuk calon bibit per lobang di isi 1 bibit pepaya dan arah panjang T-B) kedalaman 50cm. (kurang lebih) Tanah bekas lobangan di singkirkan dari mulut lobangan sekitar 0.5m.

Lobang tanaman area pepaya yang baik dan benar awal penentu keberhasilan menjadi subur. Sela-sela samping lobang di tabur kompos matang 1/5 karung (ada beberapa tahap pemberian kompos), di kering anginkan sekitar satu minggu.
Selanjutnya kompos di sisir dengan cangkul beserta tanah (campur tanah sampai rata) di masukkan dalam lobang, sekalian diatur palir untuk pengairan.
Kemudian biarkan dalam jangka waktu sekitar satu minggu bibit pepaya di tanam per lobang isi 1  bibit pepaya yang pilihan bibit sempurna atau panjnag dan di isi 2 bibit yang dinyatakan ragu ragu ( calon seleksi tanaman pepaya kategori ragu ragu dilakukan setelah usia 2,5  bln setelah tanam di pilih yang berbunga panjang yang BUNGA BULAT DI POTONG).
Untuk pengaturan jarak tanam pepaya bisa menggunakan :

  • Jarak 2.5 x 3.0(arah T-B), 1,750 Pohon Per Ha
  • Atau 2.0 x 2.5 (arah T-B = 2.000, Pohon Per HA)

Leave a Reply