proteksi

 

Proteksi Hama Dan Penyakit

 Pencegahan hama dan penyakit sangat penting dilakukan dalam budidaya Pepaya california Khususnya agar dapat menghasilkan produksi yang maksimal dan sesuai dengan permintaan umlah dan KWALITAS buah sehingga hasil panen akan bisa dipasarkan di mpasar swalayan atau supeermarket dan bahkan di ekspor ataupun masuk molahan industri.

Langkah awal proteksi kami akan paparkan atas dasar pengalaman yang telah kita lakukan bersama sama dengan sejumlah petani nyang telah tersebar di seluruh wilayah Nuswantoro.

 

Pengendaliaan dan pencegahan penyakit

 Penyakit penting pada tanaman pepaya adalah sebab dari penyakit dari tanah, hal ini biasanya disebabkan oleh persiapan dan treatment tanah yang kurang maksimal maka biasanya para petani pembudidaya kurang bisa menguasai bagaimana menstabilkan PH Tanah di saat teradi curah huan yang tinggi sebagai sumber air.

Maka yang biasa kita lakukan adalah disaat pengolahan tanah  kami bersama sama dgn petani dalam arti berkolaborasi perpaduaan ilmu dan pengetahuaan cukup dengan menggunakan POC + Bi dan B2 diaplikasikan saat tanam dan selanjutnya diaplikasikan 2 minggu sekali sampai 1 bulan sekali cukup dengan kocor tanah dalam kondisi tanah yang basah,

Hal ini akan berakibat pada pembenahan tanah akan tertreatment dengansendirinya secara tidak langsung maka penyakit yang meenyebabkan kebusukan akkar akan ternetralisir oleh POC tsb uga PH tanah akan menadi normal sehingga akan menekan perumbuhan penyakit penggangu akar dengan demikiaan m aka akar akan bisa bekera secara maksmal sebagai slah satu organ pencari makanan.

Maka POC tersebut akan berperran sebagai Fungisida organik hayati dan juga sebagai insectisida organik hayati yang ramah lingkungan.

Sebab hama dan penyakit yang ada didalam tanah sangat sulit dideteksi oleh petani pada umumnya yang kurang berpengalaman… misal ika adanya serangan busuk akar  maka tanda tanda awal adalh karena faktor PH tanh yang tidak netral  akar kurang bekera maksimal… selanutnya yang terjadi tanaman akan merana  dengan penampakan daun kekuningan  tidak segar  pada saat tanaman berbungan maka bunga akan selalu rontok sehingga nyaris tiddak ada buah jadi nah  jika hal itu terjadi maka tiak butuh waktu yang lama tanaman alan mati.

Maka disini betapa pentingnya pencegahan hama dan penyakit.

Jika pencegahan telah dilakukan dismping mencegah kematiaan tanaman efek yang akan teradi pertumbuhan akan maksimal dan kwalitas buah yang dihasilkan akan berwarna merah menyala dan buah kenyal serta rasanya manis dan mempunyai aroma kusus.

Pengendalian Hama

Pengendaliaan hama secara alamai atau kerap disebut organik dan nabati salah satu nya adalah penanaman tanaman Kenikir dan Sere di sekeliling lahan penanaman pepaya california

Yang bertuuaan untuk mengusir hama hama pengganggu tanaman pepaya yang kita  budayakan agar tidak tersesrang olah hama hama  tersebut.

Kenikir dan sere oleh petanai uga bisa diual atau di masak untuk sayur.

 

Penggunaan PESNAB ( pestisida Nabati )

Aplikasi atau perawatan hariaan  tanaman pepaya california cukup mengunakan penyemprotan berkala PESNAB 4 ssampai 7 nhari sekali secara rutin,juga bisa dicampur dengan pestisida  industri FASTAK, Convidor uga bisa CASCADE atau dicampur dgn pupuk buah serta ZPT ATONIK.Pencagahan ini adalah untuk melindugi serangan hama dan penyakit tanaman agar mengasilkan buah yang gradasinya mulus dan bersih.

Leave a Reply